Rabu, 10 April 2013

Pelajaran di waktu kecil



Pelajaran di waktu kecil
Catur Mulyono
Dulu ketika saya kecil hanya ada 1 stasiun televisi TVRI, di daeahku hanya bapak yang punya itupun masih memakai accu, karena bapakku kepala dusun. Saya masih ingat jika jam 4 sore setiap anak-anak seusia saya pada datang ke rumah untuk lihat film anak, panthom, thunder, apalagi hari minggu hampir satu kampung lihat acara tv dirumah mulai acara ria jenaka, si unyil kayaknya itulah hiburan mereka. dan saya waktu itu yang mengkoordinir, jika ada anak yang belum mandi dan bau maka saya suruh pulang mandi dulu.jika tidak mau maka TV tidak akan saya nyalakan dan teman teman seusia saya semua mendukung.
Sekarang saya sudah punya anak 3, dan sekarang  teknologi berkembang begitu pesat dari smartphone bisa melihat apapun yang kita inginkan, setelah tahu ilmu parenting bahwa tv berdampak buruk maka saya matikan total hanya boleh lihat vcd film anak anak, sengaja tidak saya belikan antene supaya tidak bisa  lihat tv, karena acara tv banyak yang mencerminkan kejahiliyahan ketimbang cahaya ilahi.
Saya bersyukur kepada Allah SWT dulu hidup dengan satu stasiun TV sehingga, paling tidak tidak melihat hal-hal yang diharamkan Allah dan menjadi korban iklan TV. Sekarang pertanyaannya  langkah langkah apa yang harus dilakukan sebagai orang tua agar selamat dari bahaya TV.
  1. Menurut penelitian untuk anak usia dini boleh nonton  tv hanya 2 jam seminggu, berarti buat program nonton tv berupa nonton film anak anak sekeluarga pada hari sabtu atau minggu.
  2. Matikan tv dengan tidak memberikan antene, sehingga anak tidak bisa lihat, kitapun sebagai orang tua juga tidak bisa lihat.
  3. Arahkan dan ganti dengan baca buku dan bermain peran dengan menyediakan mainan yang cukup dan mainan yang bermutu
  4. Anak akan merekan kejadian kejadian yang ada dalam acara tv maka pastikan mati tv  kita jika ingin selamat dunia akhirat.
  5. Betul kata ustad saat kuliah, beliau tidak memiliki tv dan itu ternyata benar sekarang saya terapkan di keluarga saya.
  6. Ikutkan anak anak kita program fullday dan cari  sekolahnya yang menerapkan program program yang bagus atau daycare yang memilki program bagus seperti rumah cerdas.
  7. Katakan pada diri sendiri aku ingin selamat, anak dan istriku ingin selamat maka inilah pilihanku maka Allah akan membantu kita.
Semoga Allah SWT membantu kita untuk mencetak keluarga keluarga muslim yang kuat sehingga kita besok bisa mempertanggungjawabkan kepada Allah dan rasulNya, ini adalah pilihanku ya rabb sebagai hambaMu yang ikut menjaga dan membela agamaMU. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO RCM